Apa Beda Kertas Samson dan Kraft?

Rate this post
Apa Beda Kertas Samson dan Kraft?

Apa beda kertas samson dan kraft? Walau terlihat serupa, namun kedua jenis kertas atau lembaran ini memiliki beberapa perbedaan yang perlu Anda ketahui agar dapat memilihnya dengan tepat. Maka dari itu, mari kita ketahui beberapa perbedaannya. Selain itu, penting juga untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari kedua jenis lembaran ini agar Anda dapat membuat keputusan yang lebih tepat dan memilih jenis lembaran yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Berikut ulasannya :

Apa Beda Kertas Samson dan Kraft?

Kedua jenis lembaran ini memiliki perbedaan yang perlu Anda ketahui agar dapat memilih dengan tepat. Berikut beberapa perbedaan dari kertas Samson dan Kraft : 

  1. Permukaan
    Permukaan kertas Kraft cenderung lebih halus daripada permukaan kertas Samson. Penyebabnya adalah Kraft terbuat dari serat kayu yang lebih panjang dan lebih kasar. Sehingga, lembaran Kraft memiliki tekstur yang lebih halus dan rata. 
  2. Kekuatan
    Dalam hal kekuatan, kedua jenis ini memiliki kekuatan yang hampir sama. Namun, biasanya lembaran Kraft cenderung lebih kuat. Anda dapat menggunakannya sebagai paper bag ataupun bahan pembungkus.  
  3. Penggunaan
    Pada dasarnya, kedua jenis ini memiliki kegunaan yang sama. Namun biasanya, jenis lembaran samson dapat Anda digunakan untuk paper bag, bungkus kado, hingga amplop surat. Sedangkan Kraft dapat digunakan untuk pembuatan karung semen, pembuatan kemasan produk kecantikan, hingga bahan pembungkus. 
  4. Warna
    Dalam segi pemilihan warna, lembaran Samson umumnya memiliki pilihan warna yang terbatas daripada  lembaran kraft yang memiliki pilihan warna yang lebih beragam.
  5. Harga
    Harga dari kedua jenis lembaran ini bervariasi tergantung pada ketebalan, kualitas, dan ukuran kertas yang Anda butuhkan. Jadi, pilihlah lembaran sesuai dengan budget Anda ya!

Kekurangan dan Kelebihan 

Selain memiliki perbedaan, lembaran Samson dan Kraft memiliki juga kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Agar Anda semakin mantap lagi dalam menggunakannya, berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dari kedua jenis kertas ini : 

  1. Samson
    Lembaran Samson memiliki kekurangan yaitu terbatasnya pilihan warna dan permukaannya yang kasar. Namun, lembaran ini memiliki kelebihan yaitu warna coklat pada lembaran jenis ini memberikan kesan yang klasik dan alami. Selain itu, kertas kraft juga tersedia dalam berbagai ketebalan yang dapat Anda  sesuaikan dengan kebutuhan.
  2. Kraft
    Walau memiliki kekurangan tidak tahan terhadap air, namun  kertas kraft memiliki kelebihan dalam hal kekuatan sehingga kertas jenis ini tidak mudah rusak.  

Apa beda kertas samson dan kraft? Kedua jenis lembaran ini memiliki beberapa perbedaan yang dapat Anda pertimbangkan, seperti perbedaan permukaan, kekuatan, penggunaan, warna, dan perbedaan harga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *